Jenis Jenis Fotografi Jurnalistik

Jenis Fotografi Jurnalistik

Dalam ilmu jurnalistik, fotografi terbagi ke beberapa jenis yang biasa digunakan oleh para fotografer jurnalistik. 
Berikut jenis jenis fotografi jurnalistik pada umumnya, diantaranya:
  1. Spot News Photo
Spot News Photo adalah foto jurnalistik yang diambil secara spontan, tanpa perencanaan. Foto jenis ini biasanya berupa kejadian yang tidak terduga, mendadak, dan bahkan tidak terpikir akan terjadi. Contohnya: kecelakaan, kebakaran, bencana alam,dll


  1. General News Photo
General News Photo adalah foto jurnalistik yang diambil dengan perencanaan sebelumnya. Foto jenis ini merupakan foto peristiwa yang telah terjadwal atau telah diketahui sebelumnya.  Contohnya foto: Pertandingan sepak bola, Pameran, Talk Show, Persidangan, Konser Musik, dll.
  1. People in The News Photo
People  in The News Photo foto jurnalistik yang menggambarkan profil seorang tokoh dalam suatu berita. Foto jenis ini memunculkan keunikan, kelucuan, kekuatan atau ciri lain dari seseorang yang membuat pembaca merasa kagum. Orang orang yang tampil biasanya adalah orang orang populer dan terkenal.
  1. Daily Life Photo
Daily life photo adalan foto jurnalistik mengenai kehidupan sehari-hari manusia. Foto jenis ini  biasanya menampilkan manusia dan membawa pesan kemanusiaan. Foto yang dapat menggugah rasa kemanusiaan pembaca, seperti peristiwa yang mewakili perjuangan seseorang dalam bertahan hidup.
  1. Potrait Photo
Potrait Photo adalah foto Jurnalistik yang menampilkan sosok wajah sesorang, baik secara close up atau medium shoot. Foto jenis ini biasanya mevisualisasikan kelucuan, keanehan, atau ciri khas lain. 
  1. Sport Photo
Sport photo adalah foto jurnalistik yang diambil untuk memvisualisasikan peristiwa olahraga. Foto ini merupakan rekaman prestasi dari berbagai cabang oleh raga yang dipertandingkan dalam olimpiade olah raga baik dinegara maupaun mancan negara.
  1. Science and Technology Photo
Science and Technology Photo adalah foto jurnalistik yang diambil untuk memvisualisasikan  peristiwa yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Foto jenis ini biasanya berupa rekaman kegiatan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
  1. Art and Culture Photo
Art and Culture Photo adalah foto jurnalistik yang memvisualisasikan peristiwa yang berkaitan dengan seni dan budaya. Foto jenis ini bisa berupa rekaman kegiatan pentas seni atau kegiatan yang mencerminkan kegiatan pelestarian budaya. 
  1. Social and Environment Photo
Social and Environment Photo adalah foto jurnalistik yang menangkap momen yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat serta lingkungan hidupnya. Foto jenis ini biasanya berupa rekaman peristiwa yang menggambarkan masalah sosial dan lingkungan hidup.
  1. Feature Photo
Feature Photo adalah foto jurnalistik yang dibuat untuk mendukung suatu berita atau artikel. Foto jenis ini berfungsi untuk memperkuat suatu berita dengan memberikan keterangan visual mengenai berita tersebut. Biasanya foto jenis ini menampilkan sisi lain suatu peristiwa, dan dalam penyampaiannya tidak terikat dengan kecepatan. 
  1. Photo Story/ Photo Essay
Foto essai merupakan kumpulan foto jurnalistik yang  dapat “bercerita”. Foto jenis ini berupa rangkaian kejadian yang menceritakan suatu peristiwa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOTOGRAFI JURNALISTIK